Cepat Sesak Saat Olahraga Bisa Menandakan Masalah Pada Jantung

Cepat Sesak Saat Olahraga Bisa Menandakan Masalah Pada Jantung

Cepat Sesak Saat Olahraga Bisa Menandakan Masalah Pada Jantung

Cepat Sesak Saat Olahraga Bisa Menandakan Masalah Pada Jantung,- Bahaya penyakit jantung bisa dilihat dari berbagai macam kondisi. Salah satunya saat melakukan olahraga, hati-hati jika mengalami sesak saat olahraga.

Dijelaskan spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Sari Sri Mumpuni, SpJp (K), FIHA, jika 5 sampai 10 menit saat berolahraga sudah sesak, hal ini perlu diwaspadai mengarah ke kondisi jantung yang terganggu.

“Lima sampai sepuluh menit kok sudah sesak, biasanya setengah jam lancar. Nah itu yang perlu diwaspadai,” ungkapnya dalam webinar soal “Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal” pada Selasa (16/6/2020).

Agar kesehatan jantung tetap terjaga dr Risa melarang untuk langsung melakukan olahraga dengan intensitas berat seperti angkat beban atau lari maraton. Syarat aman melakukan olahraga berat perlu bertahap.

“Angkat beban berat itu tidak boleh dilakukan dulu cukup lakukan stretching saja, jongkok, berdiri, loncat-loncat ringan. Lakukan gerakan tangan ke atas ke bawah dengan berjalan maka sirkulasi edaran darah lancar,” sebut dr Risa.

Baca juga: Kenali Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

Kondisi Ini Merupakan Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung Koroner - Cepat Sesak Saat Olahraga Bisa Menandakan Masalah Pada Jantung

Berbagai kondisi yang umum dialami sehari-hari ternyata bisa menjadi penanda Anda memiliki penyakit jantung. Berikut ini kondisi-kondisi yang perlu Anda waspadai sebagai gejala penyakit jantung.

1. Mudah lelah

Rasa lelah memang hal yang sangat wajar dialami. Namun, apabila rasa lelah berlangsung terus-menerus, maka Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung yang ditandai dengan timbulnya rasa lelah, di antaranya adalah gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

2. Tubuh Terasa Sakit dan Nyeri Tanpa Sebab yang Jelas

Penyumbatan aliran darah ke otot jantung yang terjadi akibat penyakit jantung koroner, menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Hal ini membuat tubuh terasa nyeri.

Rasa sakit dan nyeri tidak selalu timbul di dada saja, tetapi dapat timbul juga di bahu, punggung, lengan, rahang, atau perut. Lebih rinci, rasa sakit umumnya timbul setelah Anda berolahraga dan akan hilang sesudah beristirahat.

3. Nafas Tersengal-sengal

Nafas tersengal setelah Anda melakukan olahraga berat, tentu merupakan hal yang normal terjadi. Namun, apabila nafas sering tersengal meski hanya melakukan sedikit aktivitas, maka bisa jadi hal ini menandakan Anda memiliki gangguan pada jantung.

Baca Juga: Didi Kempot Alami Henti Jantung, Apa Bedanya dengan Serangan Jantung?

4. Kaki Bengkak

Bengkak pada kaki dapat menjadi pertanda jantung tidak dapat memompa darah secara efektif seperti yang seharusnya. Saat jantung tidak dapat memompa darah dengan cepat, darah akan menumpuk di pembuluh darah sehingga menyebabkan pembengkakan.

Pada kondisi gagal jantung, ginjal juga mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium di tubuh, sehingga pembengkakan dapat terjadi.

5. Detak Jantung Tidak Teratur

Ketika merasa gugup atau semangat, Anda biasanya akan merasakan jantung berdegup dengan kencang atau tidak teratur. Namun, jika jantung sering berdegup kencang pada saat-saat tidak terduga dan tidak diketahui penyebabnya, maka Anda perlu waspada.

Meski begitu, beberapa hal lain seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein dan kurang tidur juga dapat menyebabkan jantung berdetak tidak beraturan.

6. Mual atau Sakit Perut

Pada beberapa kasus, penderita sakit jantung juga merasakan mual, muntah, dan sakit perut sebagai gejala. Umumnya, wanita lebih sering mengalami hal ini dibandingkan dengan pria. Tentu saja, sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai hal lain selain penyakit jantung. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi saat seseorang mengalami serangan jantung.

Sehingga, apabila Anda memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan mengalami sakit perut dan mual tanpa alasan yang jelas, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

7. Banyak Berkeringat

Banyak berkeringat secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, adalah hal yang perlu Anda waspadai sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Terutama apabila disertai dengan nyeri di dada. Apabila Anda mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter.

Berbagai kondisi di atas memang kerap tidak dikenali sebagai gejala penyakit jantung, sehingga masih banyak orang yang tidak memeriksakan diri setelah mengalaminya. Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *