Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

48 5 735x400 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH – Kerja jarak jauh  atau kerja dari rumah (work from home/WFH) adalah model atau perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja di gantikan dengan hubungan telekomunikasi.

Dengan sistem ini, banyak karyawan yang pada akhirnya bekerja di rumah, sementara lainnya, yang lazim di sebut pekerja nomaden (nomad workers) atau web commuters menggunakan teknologi komunikasi untuk bekerja dari kafe atau tempat lain yang nyaman bagi mereka. Telework, di sisi lain, merupakan istilah yang bermakna lebih luas lagi.

Seperti kondisi saat ini, dirimu sebagai seorang pekerja idn poker apk di tuntut untuk bekerja dari rumah atau sering di sebut dengan work from home (WFH). Namun, dengan adanya kebijakan work from home ini, terkadang membuat sebagian para pekerja produktivitasnya menjadi menurun. Hal tersebut, haruslah kamu hindari, ya!

1. Telat bangun 
gregory pappas ruc9hve l e unsplash 4d96e232e1f9e9a788aee6cb3833fba6 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Jika kamu menganggap bila sudah work from home, maka dirimu dapat sesuka hati bangun kapan saja. Pandangan ini sangatlah salah, sebab bila kamu tidak bangun seperti waktu biasanya, maka hal ini dapat menurunkan produktivitas mu saat WFH.

Cobalah untuk bangun lebih awal, agar kamu memiliki waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dirimu butuhkan saat WFH dan kamu memiliki waktu untuk sarapan sebelum melakukan pekerjaan.

2. Tidak tersedianya alat kerja  
jonathan francisca uti9phsjpm8 unsplash 032bda4d81371dacb1b9f869e6f67470 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Sebelum kamu memulai bekerja dari rumah, dirimu harus memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatu peralatan kerja yang kamu butuhkan. Misalnya, laptop, earphonemouse, ataupun komputer.

Dengan peralatan yang sudah lengkap, maka kamu dapat bekerja dengan mudah, tanpa adanya hambatan. Sebab, jika peralatan atau alat kerjamu tidak tersedia, maka dapat menghambat pekerjaanmu dan membuat dirimu kehilangan produktivitas dalam bekerja.

3. Koneksi internet yang tidak lancar  
thought catalog nv vx3kur2a unsplash 57b9e54ef3926b9b4db32dd623814c20 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Hal yang paling penting kamu persiapkan saat WFH adalah memastikan bahwa koneksi  lancar. Sebab, menjadi suatu masalah apabila koneksi internet mu lambat, dan membuat pekerjaan mu menjadi tertunda. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja mu dalam bekerja.

4. Belum selesai mengerjakan pekerjaan rumah
photo of a man washing dish plates 3771047 772784739fa201d84d56fa254b2b9960 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Ada baiknya jika sebelum memulai WFH, kamu harus mempersiapkan dan mengerjakan segala pekerjaan rumah terlebih dahulu. Seperti, memasak dan membersihkan rumah. Nah, jika semua tugas rumah telah selesai maka kamu dapat bekerja dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Sebab, bila kamu belum selesai melakukan pekerjaan rumah, maka hal itu akan membuat fokus mu menjadi terpecah, antara bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah. Alhasil, hal tersebut bisa membuat produktivitas mu menjadi menurun.

5. Bekerja pada tempat yang tidak nyaman 
charles deluvio wt3ifnxmse0 unsplash 956854a6b68c076338b1eac721e02031 - Hal-Hal Ini yang Bisa Buat Produktivitas Menurun Saat WFH

Saat sedang bekerja dari rumah, cobalah untuk mencari tempat yang nyaman dan aman. Jangan bekerja pada tempat yang ribut, atau bahkan bekerja sambil berbincang dengan anggota keluarga. Sebab, hal itu dapat mengganggu produktivitas kerja mu dan membuat dirimu menjadi tidak fokus terhadap pekerjaan mu.