Makanan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Makanan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Makanan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Makanan Bernutrisi untuk Ibu Hamil – Penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan dirinya selama 9 bulan kehamilan. Ingat, janin juga akan bertumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya jika ibunya sehat. Bagaimana caranya menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Jawabannya satu, menerapkan pola hidup sehat saat Ibu sedang hamil.

Ketika mulai memasuki kehamilan, calon ibu harus menjaga asupan makanan. Ibu hamil jangan makan untuk dua orang (ibu dan janin) tetapi makan dengan sehat. Ini adalah apa yang diberitahu saat Anda hamil. Fokus terbaru adalah pada apa yang Anda makan daripada berapa banyak yang kita makan, terutama ketika kehamilan berlanjut.

Trimester ketiga kehamilan dimulai pada minggu ke-28 dan berlanjut sampai melahirkan. Selama waktu ini, Anda memerlukan energi yang cukup untuk mengikuti rutinitas sepanjang hari. Andalkan diet yang tepat sehingga Anda dan bayi mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Daftar Joker123

Buah-buahan:

Buah-buahan segar kaya vitamin C dan memainkan peran penting dalam perkembangan dan berfungsinya plasenta. Vitamin ini menyerap zat besi dari makanan dan membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pada trimester ketiga, Anda harus mengonsumsi buah-buahan segar seperti kiwi, stroberi, pisang, dan melon. Jika sedang bekerja, kemaslah irisan buah untuk camilan dan makanlah selama istirahat.

Kacang-kacangan

Ini kaya akan tiamin (vitamin B1) dan serat. Anda dapat membuat sup, bubur, atau direbus dengan memasak kacang dan menyimpannya di lemari makanan.

Ham dan salad sayuran

Sayuran adalah sumber yang kaya vitamin dan ham adalah penguat tiamin yang membantu melepaskan energi dari makanan. Salad lobak, tomat, selada, dan jagung manis, bersama dengan irisan tipis ham, adalah penyertaan yang sangat baik dalam diet Anda selama trimester ketiga.

Biji dan kacang

Mengonsumsi biji dan kacang akan memberi Anda cukup tiamin, asam lemak omega-3, dan protein. Anda dapat mengemil biji bunga matahari dan buah-buahan kering seperti hazelnut, walnut ditambahkan dalam sereal sarapan dan sereal bar. Anda juga dapat memilih muesli (campuran kacang-kacangan) tanpa tambahan gula dalam sarapan atau makanan ringan dan atasnya dengan buah-buahan segar seperti kiwi atau raspberry untuk meningkatkan rasanya.

Roti panggang gandum dengan kacang panggang

Sebuah roti panggang gandum dengan kacang panggang kaya akan tiamin dan serat yang membantu menjaga tingkat energi sepanjang hari dan mencegah sembelit.

Salmon

Trimester ketiga dikaitkan dengan perkembangan otak bayi. Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega-3 dan DHA, yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Namun, Anda dapat mengonsumsi salmon dalam jumlah terbatas dan memasaknya dengan benar.

Telur

Ini adalah sumber kolin yang baik, yang membantu dalam berfungsinya sel-sel dan untuk perkembangan bayi yang cepat. Kolin membantu perkembangan ingatan dan mengurangi risiko gangguan ginjal dan pankreas. Anda dapat menambahkan telur rebus ke dalam sarapan.

Susu dan produk susu

Ini adalah sumber kalsium yang kaya. Pada trimester ketiga, kebutuhan kalsium Anda meningkat. Susu dan produk susu bersama dengan suplemen kalsium seperti yang ditentukan oleh dokter akan membantu Anda memenuhi persyaratan gizi.