Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda

Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda

Cara Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda, Rumah Pun Bikin Betah!

Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda – Cara mengecat tembok kerap dibutuhkan oleh beberapa orang yang ingin mendapatkan kondisi atau nuansa ruangan yang baru. Bagi profesional, mungkin tidak ada kendala untuk mengerjakan hal ini. Namun, buat kamu yang ingin mengganti warna cat ruangan tanpa bantuan orang yang ahli, pasti membutuhkan panduan yang tepat untuk mengecat tembok lama.

Warna dinding rumah akan sangat menentukan suasana dan mood penghuni. Dinding juga memiliki banyak fungsi, mulai dari keamanan hingga estetika. Beberapa rumah mengaplikasikan cat secara biasa dan membiarkannya polos atau menggunakan wallpaper.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat dinding tampak lebih indah dan estetik. Berikut ini merupakan cara sederhana mengecat dinding agar tampil beda dan menarik!

1. Cetak motif daun favoritmu

Mencetak dengan stensil dan roller bisa menghasilkan dinding yang indah seperti menggunakan wallpaper. Yang paling mengasyikkan adalah kamu bisa menentukan motif apa yang ingin dibuat.

Buat motif pada cetakan yang terbuat dari stensil. Lalu, setelah dinding yang dicat warna dasar kering, mulailah untuk mencetak motifmu! Gunakan warna gradasi dari yang paling gelap untuk efek tiga dimensi.

2. Membuat motif bata hanya menggunakan spons cuci

Sponge juga bisa kamu manfaatkan untuk memperindah rumahmu. Ukurlah sponge dan sesuaikan dengan luas dinding!

Jangan lupa untuk memberi tanda tiap satu balok yang sesuai dengan sponge agar hasinya rapi. Setelah dikasih tanda, celupkan permukann sponge ke dalam cat, lalu tempelkan ke dinding. Gampang banget bukan?

3. Memberi kesan drippping menggunakan tabung suntik

Kamu memiliki dinding putih yang membosankan? Cobalah dekorasi dan percantik dinding dengan teknik dripping. Dengan teknik ini, kamu akan mendapatkan dinding bermotif air menetes.

Siapkan cat dan tabung suntikan tanpa jarum. Isi tabung dengan cat dan tekan suntikan dari bagian atas dinding. Gunakanlah berbagai warna agar dinding lebih indah!

4. Berikan tekstur menggunakan sapu

Perlengkapan rumah yang bisa membuat dinding tampak indah selanjutnya adalah sapu. Selain untuk membersihkan kotoran, ternyata sapu juga bisa memberi tekstur pada cat dinding.

Aplikasikan cat pada bagian dinding dengan roll. Lalu, gunakan sapu layaknya kuas di cat yang masih basah pada dinding. Untuk menghasilkan tekstur yang rapi, sapukanlah dengan cara satu arah!

5. Kain bekas juga bisa digunakan, lho!

Daripada langsung membuang kain atau baju bekas, lebih baik gunakan saja untuk mengecat ruanganmu. Kain ini akan menghasilkan tekstur kusut yang unik pada dinding.

Untuk pengaplikasiannya, kamu membutuhkan roller, baju atau kain bekas, dan karet gelang. Lilitkan baju pada roller! Saat melilit, jangan terlalu rapi dan harus ada lipatan.

Lipatan-lipatan ini tadi yang akan menghasilkan efek kusut atau lecek. Lalu, setelah dililit, tinggal diberi karet deh agar lilitannya tidak lepas.

Dari teknik mengecat ini, mana nih yang menarik bagimu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!