Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Yang

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Yang

4 Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Yang

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Yang – Sebab, ukuran perut dan janin masih relatif kecil.Secara teknik, trimester pertama kehamilan adalah 1-13 minggu. Trimester kedua dimulai pada minggu ke-14 dan berakhir di usia kandungan 27 minggu. Sedangkan, untuk trimester ketiga dimulai pada 28 minggu sampai kehamilan minggu ke-41 atau waktu melahirkan. Menurut dr.  Gde Suardana, SpOG yang paling penting untuk diperhatikan saat mengandung adalah mencari posisi tidur paling nyaman agar ibu tidak merasa terganggu.

1. Posisi Tidur Telentang
Menurut dr. Gde, usia kehamilan dari 20 sampai 26 minggu masih diperbolehkan untuk tidur telentang. Namun, posisi tidur telentang saat hamil ini tidak disarankan jika kandungan kian membesar. Pasalnya, tidur telentang akan memberikan tekanan ekstra pada aorta dan vena cava inferior. Keduanya merupakan pembuluh darah yang merentang di sepanjang punggung untuk membawa darah dari jantung ke sekujur kaki.

2. Posisi Setengah Duduk
Dengan kepala dan punggung atas disangga bantal ini akan mengurangi nyeri pada ibu hamil di ulu hati yang mengganggu. Kondisi nyeri ulu hati pada ibu hamil ini sering dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus).
Sehingga asam lambung dan makanan bisa berbalik ke esophagus kembali.

Hal lain yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman saat hamil muda adalah menggunakan banyak bantal di sekitar tempat tidur.
Pilih bantal yang lembut agar kepala, tangan, kaki dan punggung bisa mendapatkan posisi paling nyaman.

3. Tidur Miring Seperti Huruf S
Tidur seperti huruf S dengan posisi miring bisa dicoba untuk ibu hamil yang mulai masuk trimester pertama. Posisi tidur saat hamil ini membantu tubuh ibu hamil menjadi lebih nyaman serta mengatasi lelah yang berlebihan.

4. Tidur Miring ke Kiri
Lebih baik kamu dapat menggunakan posisi tidur miring ke kiri ini mulai dari trimester kedua atau sudah memasuki hamil 4 bulan.
Tidak mengherankan jika para ahli banyak yang menyarankan untuk menggunakan posisi miring untuk ibu hamil.Posisi tidur inipun berguna hingga memasuki trimester akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *