Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

3 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil – Kesehatan ibu hamil berpengaruh pada kesehatannya janinnya. Ketika kesehatan ibu memburuk, kondisi janin juga dapat mengalami hal yang sama. Janin bahkan bisa tertular penyakit dari ibunya. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan selama kehamilan sangat penting untuk dilakukan.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, melakukan pola hidup sehat merupakan jawaban yang tepat. Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam berbagai aspek kehidupan, ibu hamil dapat melahirkan bayi yang sehat.

Berbagai cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin
Setidaknya ada sembilan cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang esensial. Berikut cara-cara yang bisa Anda terapkan:

1. Mengonsumsi makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan mampu mendorong perkembangan otak janin, berat lahir yang sehat, dan mengurangi risiko berbagai cacat lahir. Selain itu, dalam aspek kesehatan ibu hamil, makanan bergizi dapat mengurangi risiko anemia dan berbagai gejala kehamilan yang tidak menyenangkan, seperti morning sickness dan kelelahan.

Mengonsumsi makanan bergizi juga membantu menyeimbangkan perubahan suasana hati yang terjadi selama kehamilan, hingga bisa memperlancar proses persalinan. Contoh makanan bergizi yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

2. Olahraga ringan
Olahraga ringan tak hanya aman, namun juga sehat untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Berolahraga selama 30 menit dalam sehari dapat memberi manfaat pada ibu hamil, seperti:

  • Meningkatkan sirkulasi dan pernapasan
  • Memperkuat otot dan daya tahan
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan energi
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Mengurangi sakit punggung
  • Meringankan sembelit.

Jenis olahraga ringan yang direkomendasikan adalah berjalan, jogging, berenang, yoga, dan senam. Namun, sebelum memutuskan berolahraga, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, terutama jika kehamilan Anda berisiko tinggi.

3. Minum vitamin prenatal
Vitamin prenatal memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Meski asupan nutrisi ibu hamil banyak terpenuhi oleh makanan, namun vitamin dapat memberi nutrisi tambahan bagi ibu dan janin yang sedang berkembang. Sebagian besar vitamin prenatal mengandung asam folat.

Suplemen asam folat yang diminum beberapa minggu sebelum kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan, terbukti dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin.

Selain itu, ibu juga akan terhindar dari anemia defisiensi vitamin B12 atau folat. Sebelum mulai mengonsumsi vitamin prenatal, konsultasikan pada dokter untuk menentukan jenis vitamin yang terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *